Tren dan Inovasi Sistem Teknologi Informasi pada saat ini dan masa depan


Tren dan Inovasi Sistem Teknologi Informasi pada saat ini dan masa depan



    Pada era perkembangan teknologi saat ini sebuah  informasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia misalnya untuk menambah sebuahilmu, pengetahuan, wawasan, dan membantu atau memudahkan pekerjaan sehari-hari manusia.Kemudian berbicara tentang computer sebenarnya sebuah computer adalah bukan satu-satunya teknologi, namun sebuah computer telah membawa banyak sekali perubahan pada kemajuan teknologi di Indonesia bahkan di duniaataubisa di bilang computer adalah awal dari kemajuan sebuah teknologi.

    Teknologi Informasi semakin berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan TI di Indonesia banyak memberikan dampak positif bagi kita, antara lain mudahnya kita dalam memperoleh informasi yang kita butuhkan kapanpun dan di manapun kita berada. Semua itu kita dapatkan hanya dengan cara menghubungkan komputer atau smartphone ke jaringan internet maka kita bisa melakukan akses tanpa batas. Selain mendapatkan informasi, teknologi informasi juga memudahkan kita dalam melakukan komunikasi dengan pihak lain di seluruh dunia.


Definisi Teknologi Informasi

    Teknologi informasi merupakan teknologi yang berbasis komputer serta internet. Teknologi informasi dipergunakan dalam proses pengolahan data, yang meliputi memproses, memperoleh data, menyusun data, menyimpan data serta melakukan manipulasi data dengan berbagai cara sehingga menyajikan informasi yang bermutu, yaitu informasi yang akurat, relevan serta tepat waktu.

    Teknologi informasi mempergunakan seperangkat komputer dalam rangka pengolahan data serta sistem jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan antar komputer menurut kebutuhan. Pada akhirnya teknologi informasi terus berkembang secara luas dalam hal implikasi serta pengaruhnya bahkan melebihi teknologi komputer.

Penggunaan awal internet

     Internet dianggap sebagai jaringa computer global yang saling terhubung (dan 'perangkat komputasi' lain seperti personal digital assistant (PDA), telepon, dan
sebagainya). Pada akhir 1960-an, berbagai percobaan dalam komunikasi jaringan dilakukan
sedang dilakukan, untuk berbagai tujuan, semua didorong oleh antusiasme bersama untuk menemukan yang baru penggunaan teknologi baru dalam komputasi dan telekomunikasi. Antara ini adalah ARPANET, jaringan yang awalnya kecil yang didirikan oleh Departemen AS Pertahanan, menghubungkan bersama sejumlah apa yang kemudian dianggap superkomputer (lihat Abbate 2000). Bagi sebagian orang, untai khusus ini dari kisah asalnya Internet, implikasinya dalam strategi Perang Dingin Departemen Pertahanan - membangun jaringan node terdistribusi dapat menghindari atau menahan serangan nuklir - artinya sampai hari ini Internet pada dasarnya merupakan proyek militer-pemerintah, dan asal usul ini tidak akan pernah terjadi dipisahkan dari penggunaan dan artinya hingga hari ini (Edwards 1996). Namun demikian penting untuk tidak melebih-lebihkan bagian asal Internet ini, dan untuk mengingatnya juga perkembangannya merupakan bagian dari sejumlah politik, ekonomi dan teknologi lainnya proyek, sebagian lebih atau kurang digerakkan oleh negara, beberapa oleh industri komputer, beberapa oleh countercultures yang muncul dari kelompok hobi dan peretas yang tertarik komputasi sebagai alat untuk demokrasi atau revolusi. Untaian ini sering berbeda dalam tujuan mereka, tetapi berbagi keyakinan tentang komputer jaringan sebagai alat untuk kemajuan (Namun itu mungkin telah dikonfigurasi). 

Berikut penjelasan dari berbagai teknologi dibidangnya :

1.     Digital Television

    Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyalgambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Modulasi itu sendiri adalah proses perubahan suatu gelombang periodik sehingga menjadikan suatu sinyal mampu membawa suatu informasi. Dengan proses modulasi, suatu informasi (biasanya berfrekeunsi rendah) bisa dimasukkan ke dalam suatugelombang pembawa, biasanya berupa gelombang sinus berfrekuensi tinggi. Peralatan untuk melaksanakan proses modulasi disebut modulator, sedangkan peralatan untuk memperoleh informasi informasi awal (kebalikan dari dari proses modulasi) disebut demodulator dan peralatan yang melaksanakan kedua proses tersebut disebutmodem. Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data seperti komputer.

2.     Digital Cinema

    Sinema Digital biasanya merujuk pada penggunaan teknologi digital yang fungsinya untuk mendistribusikan dan menayangkan gambar bergerak. Sinema Digital ini bisa dibuat dengan media video yang untuk penayangannya dilakukan transfer dari format 35 milimeter (mm) ke format high definition (HD). Proses transfer ke format HD melalui proses cetak yang disebut dengan proses blow up. Setelah menjadi format HD, penayangan film dilakukan dari satu tempat saja, dan dioperasikan ke bioskop lain dengan menggunakan satelit, sehingga tidak perlu dilakukan salinan film. Sebagai contoh kita pernah kan menonton film di bioskop? Nah tentunya kita semua tahu bahwa semua filmnya itu dijadwalkan pemutaran filmnya. Film tersebut nantinya akan diputar hanya diputar di satu tempat saja dengan mengoperasikan satelit. Jadi setiap bioskop dengan bioskop yang sama dengan tempat yg berbeda tidak perlu memegang salinan filmnya.

3.     Video Game

    ‘Video’ dalam ‘video game’ biasanya merujuk ke perangkat tampilan raster. Di komputer
grafis, gambar grafik raster, gambar digital atau bitmap, adalah struktur data
mewakili grid piksel persegi panjang yang biasanya dapat dilihat melalui monitor layar. Namun, karena istilah 'permainan video' telah mulai digunakan secara umum, istilah ini sekarang merujuk pada semua jenis game apakah mereka menggunakan grafik raster atau tidak. Sistem elektronik digunakan untuk bermain video game dikenal sebagai ‘platform’, contohnya termasuk mesin arcade, PC, konsol game, DVD, perangkat genggam, dan ponsel. Dengan demikian, istilah itu 'Permainan video' sekarang hanya digunakan sebagai cara untuk membedakan jenis permainan ini jenis permainan papan atau kartu yang lebih tradisional yang tidak memerlukan tampilan visual unit apa pun. ‘Video game’ semakin menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan barang-barang itu sekarang kita anggap sebagai hal biasa dalam budaya digital kita yang sering diserang oleh mereka. Televisi layar datar atau penerima digital (set-top box) kadang-kadang dikirimkan dengan 'permainan video' terintegrasi di papan sirkuit mereka, mudah diakses melalui remote kontrol. Peredaran game mini di kantor-kantor dan yang lebih penting lewat viral iklan juga meningkat. Generasi konsol game saat ini seperti Nintendo Wii menawarkan layanan terintegrasi dari komunitas online, hingga toko, yang dapat diunduh konten video dan audio serta kemungkinan untuk mengakses game yang tidak tersedia di luar dunia maya. Jadi sementara istilah 'permainan video' tidak selalu secara teknis akurat, itu adalah ungkapan yang kita semua kenal sebagai bagian dari lanskap budaya digital. Bab ini mengusulkan untuk melihat bagaimana permainan ini berkembang, menganalisis perkembangan sejarah / budaya mereka dan memeriksa secara bertahap pengembangan akademik sebagai subjek studi dalam hak mereka sendiri.

4.     Digial Music

    Musik Digital adalah reproduksi suara dari sinyal digital yang telah diubah keasalnya menjadi sinyal analog, perekaman suara digital dengan cara pengkodean angka biner hasil dari perubahan sinyal suara analog dengan bantuan frekuensi sampling. Musik digital bisa juga berasal dari suara sintetis, contoh peralatan sumber suara sintetis MIDI merupakan sumber suara digital berbagai instrumen musik yang bisa dimainkan oleh pemusik. Bentuk penyimpanan sinyal digital dalam media berbasis teknologi komputer. Format digital dapat menyimpan data dalam jumlah besar.

Perkembangan teknologi masa kini yang akan berpengaruh untuk masa depan :

1.     Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)
    AI (Artificial Intelligence) / kecerdasan buatan merupakan sebuah teknologi komputer atau mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Sederhananya sebuah instruksi pintar yang diberikan kepada program maupun mesin.

2.     Virtual Reality / VR
    Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut.

3.     Cloud Computing
    Komputasi awan (cloud computing) adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login). Penerapan komputasi awan saat ini sudah dilakukan oleh sejumlah perusahaan IT terkemuka di dunia. Sebut saja di antaranya adalah Google (google drive) dan IBM (blue cord initiative). Sedangkan di Indonesia, salah satu perusahaan yang sudah menerapkan komputasi awan adalah Telkom

4.     Robot Humanoid
    Robot Humanoid adalah robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia, mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat-untuk-manusia. Secara umum robot humanoid memiliki tubuh dengan kepala, dua buah lengan dan dua kaki, meskipun ada pula beberapa bentuk robot humanoid yang hanya berupa sebagian dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang ke atas. Beberapa robot humanoid juga memiliki 'wajah', lengkap dengan 'mata' dan 'mulut'. Android merupakan robot humanoid yang dibangun untuk secara estetika menyerupai manusia. Robot humanoid digunakan sebagai alat riset pada beberapa area ilmu pengetahuan. Periset perlu mengetahui struktur dan perilaku tubuh manusia (biomekanik) agar dapat membangun dan mempelajari robot humanoid. 

5.     Komputer Kuantum
    Komputer kuantum adalah alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum, misalnya superposisidan keterkaitan, untuk melakukan operasi data. Dalam komputasi klasik, jumlah data dihitung dengan bit; dalam komputer kuantum, hal ini dilakukan dengan qubit. Prinsip dasar komputer kuantum adalah bahwa sifat kuantum dari partikel dapat digunakan untuk mewakili data dan struktur data, dan bahwa mekanika kuantum dapat digunakan untuk melakukan operasi dengan data ini. Dalam hal ini untuk mengembangkan komputer dengan sistem kuantum diperlukan suatu logika baru yang sesuai dengan prinsip kuantum.

6.     Augmented Reality / AR
    Augmented Reality atau yang sering disingkat menjadi AR merupakan teknologi dimana seseorang mengalaminya melalui video dan audio 3D.






















Daftar pustaka
·       Ebook : Digital Cultures Understanding New Media
·       https://www.smarteye.id/blog/kegunaan-augmented-reality/

Comments

Popular posts from this blog

Tak Kan Pernah Mati